Halaman Empat – Pendahuluan Membuat Program Aplikasi Akuntansi Excel


Membuat Program Akuntansi Excel
PENDAHULUAN – MEMBUAT PROGRAM APLIKASI AKUNTANSI EXCEL

Laporan keuangan merupakan hasil dari proses pengolahan data akuntansi, dimulai dari pencatatan transaksi ke dalam Jurnal, diposting ke Buku Besar, kemudian dipindahkan menjadi Laporan Keuangan (Laba-Rugi, Laba Ditahan dan Neraca) yang dilakukan secara sistematis. Microsoft Excel atau juga sering disebut orang Excel merupakan salah satu program spreadsheet yang memiliki kemampuan dalam melakukan pengolahan data menjadi sebuah informasi khususnya data-data berupa angka. Di lain hal, laporan keuangan merupakan sebuah informasi yang berasal dari pengolahan data, yaitu data akuntansi. Lalu bagaimana kita dapat memanfaatkan fasilitas yang ada pada Microsoft Excel sehingga data-data akuntansi dapat diolah menjadi sebuah informasi akuntansi berupa laporan keuangan. Tentunya di sini diperlukan pengetahuan yang cukup tentang Microsoft Excel disamping pengetahuan tentang dasar-dasar akuntansi. Microsoft Excel kita gunakan bukan sekedar menjalankan fungsi- fungsi perhitungan dan pembuatan tabel saja, tapi bagaimana kita dapat mengoptimalkannya menjadi sebuah program aplikasi akuntansi yang tersistematis. Oleh karena itu, penulis mencoba memperkenalkan sebuah program aplikasi akuntansi yang dibuat melalui Microsoft Excel yang kemudian diberi nama “Program Aplikasi Akuntansi dengan Microsoft Excel”.

Program Aplikasi Akuntansi ini kemampuannya dapat diandalkan. Sebagaimana lazimnya sebuah program aplikasi akuntansi, pembuatan laporan keuangan melalui program aplikasi akuntansi ini juga dijalankan dan diproses secara otomatis dan sistematis oleh komputer, dengan cukup melakukan input pada Jurnal, saldo awal Buku Besar dan saldo awal Buku Pembantu. Proses selanjutnya hingga menjadi laporan keuangan dilakukan secara otomatis oleh komputer.

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, akhirnya penulis dapat menuangkannya menjadi sebuah buku yang kini telah hadir di hadapan Saudara. Buku ini merupakan penyempurnaan dari terbitan sebelumnya yang diterbitkan oleh Interindo Consultant. Kemudian pada terbitan ini karena dirasa cukup penting, penulis menambahkan satu Bab tersendiri mengenai Laporan Arus Kas sehingga program aplikasi ini terasa lebih sempurna dari sebelumnya.
Buku ini dibagi menjadi tujuh bab, yaitu :

Bab 1 — Fungsi-Fungsi dan Menu-menu Pembuatan Program Aplikasi Akuntansi. Bab ini akan menjelaskan tentang fungsi-fungsi dan menu-menu Microsoft Excel yang akan digunakan untuk merancang pembuatan program aplikasi akuntansi. Di sini akan diberikan juga contoh-contoh secara sederhana, bagaimana membuat dan menerapkan rumus-rumus fungsi tersebut serta bagaimana menjalankan perintah menu-menu tersebut.

Bab 2 — Siklus Akuntansi Program Aplikasi Akuntansi. Bab ini akan menjelaskan gambaran tentang siklus akuntansi, kemudian menjelaskan tentang siklus akuntansi yang ada pada program aplikasi akuntansi ini.

Bab 3 — Persiapan sebelum Pembuatan Program Aplikasi Akuntansi. Bab ini akan menjelaskan kesiapan-kesiapan yang perlu dilakukan sebelum melaksanakan pembuatan program aplikasi akuntansi, yaitu pemahaman Siklus Akuntansi dan fungsi-fungsi (formula) Microsoft Excel serta instalasi Microsoft Excel pada komputer yang akan digunakan untuk melaksanakan pembuatan program aplikasi akuntansi.

Bab 4 — Pembuatan Program Aplikasi Akuntansi untuk Perusahaan Dagang. Bab ini akan menjelaskan langkah-langkah dan cara-cara pembuatan program aplikasi akuntansi untuk perusahaan dagang, bagaimana membuat rumus-rumus fungsinya dan bagaimana menjalankan menu-menunya.

Bab 5 — Contoh Penerapan Program Aplikasi Akuntansi untuk Perusahaan Dagang. Bab ini akan menjelaskan sebuah contoh penerapan untuk perusahaan dagang, dimana akan diberikan soal kasus berupa data- data akuntansi, kemudian dibuat laporan keuangan dengan menggunakan program aplikasi akuntansi yang telah dibuat pada Bab 4.

Bab 6 — Pembuatan Program Aplikasi Akuntansi untuk Perusahaan Manufaktur. Bab ini akan menjelaskan langkah-langkah dan cara-cara pembuatan program aplikasi akuntansi untuk prusahaan manufaktur, namun sebagian besar langkah-langkah dan cara-cara pembuatannya sama dengan yang dijelaskan pada Bab 4. Oleh karena itu, hanya sebagian yang akan
dijelaskan.

Bab 7 — Contoh Penerapan Program Aplikasi Akuntansi untuk Perusahaan Manufaktur. Bab ini akan menjelaskan sebuah contoh
penerapan untuk perusahaan manufaktur, dimana akan diberikan soal kasus berupa data-data akuntansi, kemudian dibuat laporan keuangan dengan menggunakan program aplikasi akuntansi yang telah dibuat pada Bab 6.

Bab 8 — Laporan Arus Kas pada Program Aplikasi Akuntansi. Bab ini akan menjelaskan langkah-langkah dan cara-cara pembuatan format Laporan Arus Kas dan menampilkan hasil Laporan Arus Kas yang terkait dengan contoh perusahaan dagang (Bab 5) dan perusahaan manufaktur (Bab 7).

software program komputer aplikasi akuntansi excel software program komputer aplikasi general ledger excel software program komputer aplikasi piutang excel software program komputer aplikasi general ledger excel software program komputer aplikasi penyusutan aktiva excel software program komputer aplikasi stok excel Software Program Komputer Aplikasi Laporan Keuangan Sekolah Excel
About these ads
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: